Minggu, 31 Maret 2013

sifat-sifat wajib bagi rasul


1. Sidiq artinya jujur. Apa itu jujur ?, ya... tahu sendirilah ! tidak berbohong, berkata dengan benar, tidak menipu dll.

2. Sedangkan Amanah artinya dapat dipercaya. Selaku orang yang diserahi mandat misalnya, maka dia harus betul-betul dapat dipercaya. Ketika menjadi takmir masjid, pengurus organisasi, pegawai, atau pengurus RT sekalipun, amanah harus kita pegang, tidak boleh diselewengkan.

Bahkan ketika kita diberi amanah harta kekayaan dari Allah, kita harus membelanjakan ( men-tasaruf-kan ) seluruh harta itu dijalan Allah. Paling tidak niyat kita dalam membelanjakan harta titipan itu untuk ibadah keapada Allah Ta’ala. 
Dalam hal ini saya memberi contoh, Karena beliau dipercaya memimpin pondok, maka semua kegiatan duniawiahnya ditinggalkan. Beliau konsentrasi, dan fokus pada Mengajarkan Ilmu Agama dan mengurusi Pondoknya.

3. Fathonah artinya pandai, complicated, menguasai banyak ilmu. Sebagai muslim kita harus banyak membaca, melihat, mendengar dan merasakan fenomena alam , yang semuanya itu dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala. Kata guru saya tuhk , kamu Jangan bicara hanya dengan mulut, jangan melihat hanya dengan mata, jangan mendengar hanya dengan telinga. Artinya untuk memahami itu semua kita harus punya referensi, punya landasan pengetahuan yang luas. 

4. Tabligh, artinya menyampaikan kebenaran kepada oang lain. Walaupun kita masih meiliki sifat jelek, kita wajib menyampaikan kebenaran. Untuk menyampaikan ini tidak perlu kita harus suci terlebih dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar